.
.

.

Bupati Sampaikan LKPJ 2018


Sekayu, suaramasyarakatmuba.com

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Menggelar Rapat Paripurna masa persidangan I rapat ke I membahas tentang Penyampaian Penjelasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ( LKPJ ) Bupati Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2018, diruang Rapat Paripurna DPRD Muba. (Senin, 04/03/2019).

Rapat di pimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Muba sugondo dan dihadiri Bupati Musi Banyuasin, H. Dodi Reza Alex, wakil Bupati Muba, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Muba, Fkpd dan Skpd Musi Banyuasin.

 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Musi Banyuasin Sugondo Menyampaikan rapat paripurna ini, merupakan tahap pertama dari dimulainya tahap-tahap pembahasan, laporan keterangan, Pertanggungjawaban LKPJ Bupati Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2018 sesuai dengan surat keputusan Bupati No.130.4/309/1/2019 tanggal 14 februari 2019.

Sugondo menjelaskan untuk melaksanakan tugas dewan, Badan Musyawarah (Banmus) dalam rapatnya dengan pihak eksekutif pada tanggal 18 Februari 2019 telah mengambil keputusan bahwa pembahasan Dewan akan dilaksa akan dalam 3 (tiga) tahap rapat paripurna Dewan dan dua tahap pembahasan yang jadwal kegiatan telah di tetapkan pada tanggal 4 maret pada rapat paripurna dan tanggal 5maret sampai dengan tanggal 17 maret akan dilaksanakan Rapat paripurna pandangan umum fraksi

Sementara itu Bupati Musi Banyuasin dalam menyampaikan laporan LKPJ Tahun 2018 merupakan bagian dari siklus rutin penyelenggaraan pemerintah daerah, untuk secara transparan dan akuntabel menyampaikan informasi atas kebijakan dan hasil penyelenggaraan pemerintahan tahun 2018.

Dikatakannya sebagai upaya  mencapai  visi Kabupaten Muba fokis prioritas pembangunan tahun 2019 diantaranya :

1. Peningkatan Infrastruktur Dasar dan konektiiftas antar wilayah didalam Kabupaten Musi Banyuasin

2. Peningkatab akses Pendidikan dan Kesehatab yabg berkualitas.

3. Penguatan Ekonomi kerakyata  yang berbasis potensi lokal.

4. Penguatan dibidang Pertanian dalam arti yang luas dan ketahanan pangan.

5. Pengentasan kemiskinan dan penurunan angka pengangguran.

Secara Makro APBD Kabupaten Musi Banyuasin tahun Anggaran 2018 mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun 2017. Untuk Pendapatan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2018 sudah terealisasi sebesar 101.33% yang terdiri dari Realiasasi Pendapatan Asli Daerah, Realisasi Dana Perimbangan dan Realisasi Lain-lain. Untun Belanja Daerah Tahun Anggaran 2018 terealisasi sebesar 85% dari target yang telah di anggarkan yang terdiri dari belanja langsung dan belanja tidak langsung.

Sedangkan Pembiayaan Daerah Tahun Anggaran 2018 terdiri dari : Penerimaan Pembiayaan Daerah terealisasi sebesar 42.15% dari yang di targetkan. Pengeluaran Pembiayaan Daerah terealisasi sebesar 100%. Oleh sebab itu pada Tahun Anggaran 2018 terdapat sisa lebih Pembiayaan Anggaran ( SILVA ).

Ditambahkannya selain melaksanakan Program prioritas PEMKAB MUBA pada tahun Anggaran 2018 menerima  Tugas pembantuan dari Pemerintah Pusat serta melaksanakan kerjasama maupun Kesepakatan Bersama dengan instansi pemerintah mauoun pihak ketiga guna mendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Musi Banyuasin.

“dari uraian diatas kiranya dapat memberikan gambaran pelaksanaan penyelenggaraan Pemwrintah Daerah selama Tahun Anggaran 2018, untuk itu Kami mengharapkan Dewan dapat memberikan pandangan dan masukannya guna perbaikan dan peningkatan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten Musi Banyuasin “.(I.K)

Reviews

  • Total Score 0%
User rating: 0.00% ( 0
votes )



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *